Jumat, 20 Januari 2012

Pengaruh Penyakit Diabetes Pada Kaki



Bagaimana diabetes mempengaruhi kaki? 
Bagi penderita diabetes, terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah mereka dalam waktu yang lama dapat menyebabkan beberapa komplikasi serius, termasuk masalah kaki. Dua masalah utama yaitu diabetic neuropathy dan penyakitperipheral vascular.





Apa itu diabetic neuropathy? 
Diabetes yang tak terkendali dapat merusak saraf anda. Jika saraf di kaki anda telah rusak, anda mungkin tidak merasakan panas, dingin, atau sakit. Kurangnya kepekaan rasa ini disebut "sensory diabetic neuropathy." Jika anda tidak merasa luka atau sakit pada kaki karena neuropathy, luka tersebut dapat bertambah buruk dan terinfeksi. Otot kaki mungkin tidak dapat berfungsi dengan baik karena saraf-saraf yang mengendalikan kerja otot telah rusak. Hal ini dapat menyebabkan kaki tidak bertumpu dengan benar dan mengakibatkan terlalu banyak beban pada satu daerah di kaki. Diperkirakan sekitar 10% penderita
diabetes akan mengalami bisul pada kaki. Bisul kaki terjadi karena kerusakan syaraf dan penyakit peripheral vascular.




 

Apakah penyakit vascular peripheral itu? 
Diabetes juga mempengaruhi pembuluh darah dan mengubah aliran darah. Tanpa aliran darah yang cukup, waktu penyembuhan luka lebih lama. Lemahnya aliran darah di tangan dan kaki disebut "penyakit peripheral vascular." Penyakitperipheral vascular adalah kelainan aliran darah yang menyebabkan pembuluh darah menjauh dari jantung. Jika Anda mengalami infeksi yang tidak akan sembuh karena lemahnya aliran darah, anda beresiko terkena bisul ataugangrene (kematian jaringan otot karena kekurangan darah).





Apakah masalah pada kaki yang umum pada penderita diabetes? 
Siapapun bisa mengalami masalah kaki yang ditampilkan pada slide berikut. Namun, bagi penderita diabetes, masalah ini mungkin dapat menyebabkan infeksi dan komplikasi serius, seperti amputasi.




 

Athlete's foot 
Athlete's foot adalah jamur yang menyebabkan gatal, kemerahan, dan kulit pecah. Kuman dapat masuk melalui pecah-pecah pada kulit dan menyebabkan infeksi. Obat-obatan pembunuh jamur digunakan untuk mengobati athlete's foot. Obat-obatan ini dapat berupa pil dan/atau salep yang dioleskan langsung pada tempat jamuran. Mintalah dokte anda untuk merekomendasikan pengobatan terhadap athlete's foot.





Infeksi jamur pada kuku 
Kuku yang terinfeksi dengan jamur dapat mengalami kelainan warna (coklat kekuningan atau buram), tebal dan rapuh, dan mungkin terpisah dari kuku yang lain. Dalam beberapa kasus, kuku bisa lepas. Lingkungan gelap, lembab dan hangat dalam sepatu dapat memicu pertumbuhan jamur. Selain itu, cedera pada kuku dapat beresiko infeksi jamur. Infeksi jamur pada kuku sulit untuk dirawat. Obat yang diterapkan langsung ke kuku tersedia, tetapi hanya membantu sejumlah kecil permasalahan kuku berjamur. Obat oral (pil) mungkin harus diresepkan oleh dokter anda. Perawatan dapat dengan berkala menghilangkan jaringan otot yang rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pasang Kode Iklan sobat yg berukuran 120 x 600 disini!!!